Cara Membuat Sitemap di Google Webmaster Tool dengan Mudah!!

Posted by miko seonobi Senin, 05 Agustus 2013 0 komentar
Pada pembahasan sebelumnya kita telah mengulas tentang bagaimana cara pembuatan sitemap di blogger. Nah untuk tips SEO selanjutnya masih mengenai sitemap, saya akan menjelaskan bagaimana Cara membuat Sitemap blog di Google Webmaster Tool dengan mudah. Tapi jangan lupa, sebelumnya blog kita harus sudah terdaftar atau terverifikasi dulu di GWT ( Google Webmaster Tool) untuk panduan pendaftarannya bisa dilihat di artikel ini Panduan Cara mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tool.


optimasi blog, optimasi seo, google webmaster tool, teknik seo

Mungkin bagi newbie trik SEO yang satu ini mungkin tidak terlalu penting, tetapi sesungguhnya kegunaan untuk mendaftarkan sitemap blog ke google ialah untuk memudahkan search engine seperti Google dalam meng-crawl (menelusuri) seluruh isi blog kita secara keseluruhan. Dengan begitu proses pengindexan akan menjadi lebih cepat dan efisien, serta seluruh url/halaman tidak ada yang terlewatkan oleh spiderbot Google Search.

Sebenarnya proses optimasi blog tidak hanya sekedar memasang sitemap, kendati demikian pemasangan sitemap sudah menjadi suatu kewajiban bagi yang ingin optimasi blog nya menjadi maksimal. Khusus untuk platform seperti Blogger ada beberapa ketentuan aturan yang perlu dilakukan agar pemasangan sitemap tidak bermasalah (error), sedangkan bila menggunakan platform Wordpress Url Feed bisa langsung dimasukkan tanpa harus menambah aturan tertentu.

Selain itu kita juga bisa memanfaatkan layanan Sitemap Generator yang banyak bertebaran di Internet. Namun lebih mudahnya saya sendiri lebih suka memakai jasa layanan milik Google.

Baiklah, bagi yang sudah tak sabar kita lanjutkan pada sesi pemasangan Sitemap dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:


1. Login atau masuk ke Google Webmaster Tools (http://google.com/webmasters/tools) dengan akun Blogger yang telah dimiliki.
2. Klik url website/blog yg telah terdaftar dan yang akan dibuatkan sitemapnya.
3. Klik tombol “Sitemaps”, pilih “Add/Test Sitemap”
4. Pada kolom yang sudah muncul isikan kode contoh Url Feed blogger berikut (yang bertanda biru):

http://seoitumudah.blogspot.com/feeds/posts/default

Agar supaya lebih SEO kita juga dapat menambahkan opsi sebagai berikut:

http://seoitumudah.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc

Bisa juga menggunakan jenis feed atom.xml-nya:

Jika kurang dari 500 artikel
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Jika kurang dari 1000 artikel
atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=1000

Jika lebih dari 1000 artikel
atom.xml?redirect=false&start-index=1001&max-results=1500

5. Bila sudah diisikan klik tombol "Submit Sitemap".

6. Jika proses pendaftaran tidak terlalu lama, akan muncul laporan yang menyatakan bahwa pendaftaran sitemap anda telah berhasil. Dan prosesnya ditunjukkan dengan gambar jam. Biasanya proses pendaftaran ini relatif, ada yang 1 jam hingga 2 hari. Proses pendaftaran yang berhasil akan ditunjukkan dengan tanda centang (check).

7. Selesai.

NOTe: Untuk memaksimalkan referensi search engine dalam melakukan indeks, kita bisa mendaftarkan lebih dari satu sitemap. Jadi, daftarkan saja dua sitemap diatas sekaligus!
demikian tutorial bagaimana Cara Membuat Sitemap di Google Webmaster Tool.

Metode ini sangat efektif dalam optimasi SEO, sebagai penerapan utama sebelum tampil di search engine dan guna persiapan dalam bersaing di dunia serp. Lakukan hal yang sama pada Bing Webmaster Tools. Fungsi dan tujuannya tak jauh beda antara Google Webmaster Tools namun keunggulan dan keunikan crawling-nya memiliki trik tersendiri, dan itu akan dibahas pada tutorial berikutnya.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Membuat Sitemap di Google Webmaster Tool dengan Mudah!!
Ditulis oleh miko seonobi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tutorialteknikseo.blogspot.com/2013/08/cara-membuat-sitemap-di-google-webmaster-tool.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

trikmudahseo.blogspot.com support www.evafashionstore.com - Original design by Bamz | Copyright of Tutorial dan Tips Teknik SEO.